Beranda NEWS 77 Perahu Layar Tradisional Berlomba di Selat Bali Meriahkan HUT Ke-77 TNI...

77 Perahu Layar Tradisional Berlomba di Selat Bali Meriahkan HUT Ke-77 TNI AL

Banyuwangi, pedulibangsa.co.id- Pukul 10:00 WIB, puluhan perahu layar tradisional yang berjumlah 77 perahu berjejer rapi di bibir Pantai Banyuwangi Beach, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur untuk berkompetisi beradu kecepatan dan kepiawaian mengoperasikan perahu layar untuk memperbutkan piala bergilir Danlanal Banyuwangi Cup.

Perlombaan balap perahu diikuti 77 peserta dari beberapa Kabupaten mulai dari Banyuwangi, Jember, Probolinggo hingga Jembrana, Bali. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL tahun 2022, pada Rabu (7/9/2022).

Danlanal Banyuwangi Letkol (P) Laut Ansori mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder yang telah mendukung kegiatan Gerakan Laut Bersih Nasional Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL Tahun 2022 yang diikuti oleh Satuan TNI AL seluruh Indonesia dan dibuka Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M secara video conference dari dermaga Kolinlamil Jakarta.

“Semoga Program Laut Bersih memotivasi kita dan warga nelayan di sekitar untuk menjaga laut agar selalu bersih. Selain itu, akan diadakan Lomba Perahu Layar Tradisional, memperebutkan Piala bergilir Danlanal Banyuwangi Cup, semoga dalam acara ini selalu diberikan kesuksesan dan kelancaran oleh Allah SWT,” ucap Letkol Ansori dalam sambutannya.

Pelaksanaan Program Laut Bersih (Prolasih) di sekitar Pantai Banyuwangi Beach Banyuwangi ditandai dengan membunyikan trompet oleh Wakil Bupati Banyuwangi didampingi Danlanal Banyuwangi dan anggota Forkopimda Banyuwangi.

Sebelum perlombaan perahu layar tradisional dimulai, Danlanal membagikan sembako kepada peserta Lomba Perahu Layar Tradisional dan warga nelayan sekitar. Selesai membagikan paket sembako, Danlanal bersama Forkopimda melepas 77 perahu layar tradisional yang membaginya menjadi tiga gelombang.

Untuk set pertama, dibuka oleh Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah ditandai dengan suara tembakan pistol suar dan terompet. Start dan finish berada di Pantai Banyuwangi Beach. Sedangkan jarak yang ditempuh dari Pantai Banyuwangi Beach ke Pantai Gilimanuk kurang lebih 3 mil.

Lomba selesai, piala bergilir Danlanal Banyuwangi Cup tahun 2022 tersebut akhirnya diraih oleh Perahu Gas Pool Perjuangan 45 sebagai Juara I, kemudian disusul Perahu Janur Kuning sebagai Juara II, dan Juara III diraih oleh Perahu Tuan Putri.
(r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here