Beranda NEWS Dinas PU Pengairan Banyuwangi akan Survei Sungai di Lingkungan Kampung Ujung

Dinas PU Pengairan Banyuwangi akan Survei Sungai di Lingkungan Kampung Ujung

Banyuwangi, potensinusantara.ci.id- Luapan air sungai seringkali menjadi penyebab banjir di Banyuwangi. Terlebih sebentar lagi diprediksi cuaca ekstrem akhir tahun. Normalisasi sungai dan penertiban bangunan di sempadan daerah aliran sungai perlu dilaksanakan.

Setidaknya itu yang diinginkan puluhan warga Lingkungan Kampung Ujung, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi ketika mereka mendatangi Kantor Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Rabu (2/11/2022) kemarin.

Merespon hal itu, Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Guntur Priambodo melalui plt Kabid Operasional dan Pemeliharaan, Deddy Koerniawan bakal meninjau ke lokasi yang disampaikan warga Kampung Ujung.

“Kita survei terlebih dahulu. Kita mau bongkar (bangunan di sungai) langkahnya harus panjang,” kata Deddy Koerniawan kepada PeduliBangsa.Co.Id, Kamis (3/11/2022).

Dirinya mengaku baru mengetahui aspirasi puluhan warga Kampung Ujung tersebut setelah diberitahu media. Sebab, dirinya tidak berada di kantor saat puluhan warga Kampung Ujung mendatangi kantor dinas.

“Ya udah nanti tak carikan waktu survei sama-sama,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti normalisasi sungai, diperlukan survei lokasi telebih dahulu. Seperti mengecek pendangkalan sungai karena sedimentasi dan melihat akses masuknya alat berat.

Dinas PU Pengairan Banyuwangi mencatat sejak awal tahun 2022 ada sekitar 20 titik dilakukan normalisasi sungai maupun bendungan. Untuk sungai yang berada di Kampung Ujung nampaknya luput dari perhatian.

“Mulai awal tahun kita lakukan normalisasi sungai, bendungan dan di lokasi yang terjadi penyempitan. Kurang lebih ada 20 titik di seluruh kabupaten,” jelasnya.

Usut punya usut, kabarnya bangunan di daerah aliran sungai yang diprotes warga setempat merupakan milik seorang mantan lurah. Warga sekitar yang terkena dampak banjir belakangan ini merasakan nestapa.

“Kami masyarakat Kampung Ujung lelah. Ketika musim hujan tiba, banjir akhir-akhir ini berbeda dengan beberapa musibah banjir yang kami alami beberapa tahun lalu. Banjir saat ini benar-benar lama surutnya, bahkan debitnya sangat tinggi masuk ke pemukiman kami,” ungkap salah satu warga setempat. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here