Beranda NEWS Gegara Pungli Rp 30.000, Oknum PHL Cek Fisik Samsat Jakarta Selatan Diberhentikan

Gegara Pungli Rp 30.000, Oknum PHL Cek Fisik Samsat Jakarta Selatan Diberhentikan

JAKARTA – pedulibangsa.co.id – Tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Polri tidak ada penetapan cek fisik dipungut biaya.

Artinya, cek fisik kendaraan saat perpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lima tahunan, sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal tersebut seperti yang terjadi dalam unggahan pengalaman Soleh Solihun saat mengurus perpanjangan STNK lima tahunan jadi viral karena dalam unggahannya dituliskan saat cek fisik kendaraan ia membayar Rp 30 ribu.

Dalam unggahan Twitter @solehsolihun, yang dilansir Rabu (28/09), “Perpanjang STNK 5 tahunan. Jam 8 pagi sampe samsat di Polda Metro, langsung cek fisik. Bayar 30 ribu. Setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. Jam 8.13, berkas diterima. Lanjut lantai 4,” isi unggahan.

Menanggapi hal itu, direspon langsung oleh Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono secara langsung bertemu dengan soleh untuk mengklarifikasi terkait hal tersebut serta mengembalikan uang Rp 30.000 kepada Soleh Solihun.

AKP Mulyono menjelaskan, “Sudah diberhentikan, Oknum AS bukan merupakan polisi. Pelaku merupakan pekerja harian lepas (PHL)”, ujarnya.

Pihaknya membantah dengan adanya pungli tersebut. Dia mengaku sudah berkomitmen menghilangkan pungli dalam pelayanan cek fisik kendaraan warga. Pelaku meminta uang) atas inisiatif sendiri. Kita sudah atensi tidak ada untuk pungutan. Kita sudah wanti-wanti, sudah kita antisipasi. Kita sudah ngomong langsung ketemu Bang Soleh juga, minta maaf. Pelaku sudah kita tindak, tidak boleh gesek lagi,” ujarnya.(Rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here