Beranda Daerah Melalui KBK, BPJS Kesehatan Pastikan Mutu Layanan Peserta JKN

Melalui KBK, BPJS Kesehatan Pastikan Mutu Layanan Peserta JKN

JAKARTA TIMUR – Pedulibangsa.co.id – BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN tidak hanya fokus dalam menjaring dan menjamin pelayanan kesehatan peserta namun juga berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bersama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang salah satunya dilakukan dengan penerapan pembayaran berbasis kinerja dalam bentuk Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) pelayanan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Tri Budiastuti Lestari saat membuka kegiatan Monitoring Evaluasi KBK Bulan Juni 2022 FKTP Puskesmas Wilayah Jakarta Timur, Kamis (28/07).
Lestari mengatakan bahwa penerapan KBK untuk pembayaran kapitasi di FKTP bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan Program JKN. Dalam upaya peningkatan pelayanan tersebut terdapat tiga indikator yang diterapkan sebagai tolak ukur keberhasilan penerapan KBK yaitu indikator angka kontak, indikator rasio rujukan non spesialistik, indikator rasio peserta prolanis terkendali.
”BPJS Kesehatan mengharapkan seluruh FKTP diwilayah Kota Administrasi Jakarta Timur untuk bisa meningkatkan pelaksanaan KBK agar dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN. Selain itu kami juga mengingatkan kepada FKTP yang belum melakukan penginputan untuk berkomitmen melakukan entri data kunjungan dan rujukan secara lengkap dan tuntas di Aplikasi P-Care,” pungkas Lestari.
“Monitoring dan evaluasi ini merupakan suatu kegiatan rutin yang memang selalu dilakukan dimanapun setiap kali kita mengerjakan sesuatu pekerjaan. Tentunya tujuan dari monev itu sendiri adalah untuk melihat kembali apa yang sudah kita lakukan selama ini, melihat apa kekurangan kita dan potensi – potensi apa saja yang dapat kita gali sehingga pada akhirnya diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya,” ujar Penanggung Jawab Data dan Informasi Puskesmas Kecamatan Cakung, Raden Indra Firmansyah sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.
Indra menambahkan bahwa diharapkan peserta kegiatan dapat menyimak dengan baik dan mengambil informasi serta pembelajaran dari hasil monitoring dan evaluasi sehingga tidak hanya memberikan kepuasan kepada peserta JKN terhadap layanan yang diberikan namun juga bermanfaat bagi kita sendiri sebagai pemberi pelayanan kesehatan. Ini juga sebagai upaya kendali mutu dan kendali biaya di fasilitas kesehatan, sekaligus sebagai komitmen nyata dari fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih bermutu.(vee)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here