JAKARTA TIMUR – pedulibangsa.co.id- BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur tidak pernah henti-hentinya untuk menggencarkan sosialisasi pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN bagi masyarakat utamanya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. Aplikasi Mobile JKN terus digaungkan karena memiliki banyak manfaat bagi peserta JKN dalam melakukan proses administrasi kepesertaan yang sebelumnya harus datang ke kantor cabang, saat ini cukup melalui gawai yang dimiliki. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Erison saat membuka kegiatan sosialisasi Aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat bertempat di Rusunawa Penggilingan pada Selasa (30/08).
Erison mengatakan bahwa pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN sangat memudahkan baik dari sisi peserta JKN maupun dari sisi BPJS Kesehatan. Manfaat yang didapat dari peserta JKN yaitu peserta dapat melakukan proses perubahan data tanpa harus datang ke kantor cabang, beberapa proses perubahan tersebut yaitu perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), perubahan hak kelas rawat bagi peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), perubahan nomor telepon, perubahan email dan masih banyak lagi. Selain itu peserta juga dapat mengetahui informasi tagihan iuran serta informasi lokasi fasilitas kesehatan.
”Dalam upaya meningkatkan layanan dalam Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan menambahkan fitur-fitur yang dapat meningkatkan informasi bagi peserta contohnya seperti informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, pelayanan pendaftaran antrean online di fasilitas kesehatan, konsultasi dokter secara daring, informasi jadwal tindakan operasi, pendaftaran auto debit dan yang terbaru dan sangat dinantikan oleh peserta PBPU adalah program Rencana Pembayaran Bertahap atau lebih dikenal dengan sebutan Program REHAB. Dengan Program REHAB kini peserta PBPU yang dirasa tunggakan iurannya cukup berat untuk dilunasi dapat melakukan cicilan,” tambah Erison.
“Kami sangat mengapresiasi kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur yang hadir pada hari ini untuk melakukan sosialisasi tentang Aplikasi Mobile JKN. Kami diberikan informasi dan dituntun dari mulai bagaimana cara melakukan pengunduhan aplikasi tersebut lalu selanjutnya melakukan pendaftaran akun Mobile JKN. Ternyata setelah kami coba melakukan proses pendaftaran akunnya cukup mudah dan tidak meminta banyak data identitas, cukup dengan memasukan nomor Kartu JKN atau NIK dan pembuatan kata sandi selanjutnya kode verifikasi akan masuk bisa melalui email atau pesan singkat setelah itu proses pendaftaran akun Aplikasi Mobile JKN pun selesai,” ujar salah satu warga Rusunawa Penggilingan, Khairul.
Khairul menambahkan bahwa BPJS Kesehatan juga menginformasikan dalam Aplikasi Mobile JKN ini terdapat fitur Kartu JKN digital yang dapat digunakan saat berobat dan dapat diunduh Kartu JKN tersebut yang selanjutnya dapat dicetak oleh masing-masing peserta, hal tersebut sangat memudahkan sekali apabila peserta kehilangan atau terlupa membawa Kartu JKN. Tidak hanya terkait fitur proses administrasi kepesertaan saja yang dijelaskan namun juga wadah informasi dan pengaduan peserta juga disampaikan oleh BPJS Kesehatan kepada warga yang hadir. Fitur informasi dan pengaduan ini sangat diperlukan bagi masyarakat ketika mendapati kendala yang ada dilapangan terkait pelaksanaan Program JKN.(vee)