Beranda Daerah Cemari Lingkungan, Warga Desa Bangsring Banyuwangi Hadang Truk Sampah

Cemari Lingkungan, Warga Desa Bangsring Banyuwangi Hadang Truk Sampah

Banyuwangi, pedulibangsa.co.id – Puluhan warga Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar aksi penghadangan kendaraan truk pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pada Senin (21/11/2022). Akibatnya, truk-truk pengangkut sampah itu terpaksa harus putar balik.

Aksi tersebut dilakukan warga sebagai bentuk penolakan dan protes warga terhadap keberadaan tempat pembuangan akhir sampah di wilayah mereka.

Warga menilai sampah yang dibuang, tidak dikelola sesuai standar pengelolaaan yang aman dan ramah lingkungan. Warga menuntut seluruh aktivitas pembuangan sampah dihentikan karena menganggu warga dan mengeluarkan bau tidak sedap.

“Kami menolak karena tumpukan sampah tidak hanya mencemari lingkungan permukiman dan lahan warga, namun juga dapat mencemari air bawah tanah dan menjadi sumber penyakit yang membahayakan kesehatan masyarakat setempat,” ujar salah satu warga.

Sebelumnya warga juga telah melakukan protes dengan demo ke Kantor Desa Bangsring. Namun upaya mereka belum juga diindahkan, hingga Senin pagi tadi (21/11/2022) akhirnya puluhan warga hadang truk pengangkut sampah.

Sudah sepekan ini mereka melakukan aksi penolakan pembuangan sampah di wilayahnya. Terpantau spanduk bertulisakan “Stop! Sampah Bau” juga terpasang di Desa Bangsring. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here