Beranda NEWS Hiu Berukuran Jumbo Diduga Terdampar di Kawasan Alas Purwo

Hiu Berukuran Jumbo Diduga Terdampar di Kawasan Alas Purwo

Banyuwangi, pedulibangsa.co.id-
Dalam kurun waktu sepekan sejak paus sperma terdampar di pantai Bulusan, Banyuwangi, kini jagad media sosial digemparkan oleh penemuan seekor hiu yang berukuran besar diduga terdampar kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebuah video yang diunggah oleh warganet bernama Gigih Arbi dengan akun Instagram @momolotusme merekam penemuan bangkai hiu yang telah terdampar.

Dalam keterangan video tersebut, ia menuliskan “Ikan hiu paus terdampar di sekitar Pantai Ngagelan TN. Alas Purwo,” tulisnya, pada video yang tertera diunggah pada Minggu (7/8/2022) kemarin.

Berdasarkan suara dalam videonya, ia tidak mengetahui sejak kapan hiu tersebut ada di pantai itu. Satwa laut yang masuk kategori tak berbahaya itu tampak sudah tak bernyawa.

“Iwak terdampar lur, biyuh guuediii, ate tak gowo balek, tobosku gak cukup. Mboh kapan iki (terdamparnya),” ucapnya.

Melihat kondisi hewan laut itu, diperkirakan masih baru terdampar lantaran tubuh hiu tersebut masih utuh. Untuk ukurannya kurang lebih 3,5 meter.

“Dowone kiro-kiro 3 meter setengah” kata Arbi dalam video tersebut.

Setelah dikonfirmasi, Arbi membenarkan dirinya melihat hiu itu hari Minggu (7/8/2022) kemarin. “Saya melihat hiunya hari Minggu kemarin,” katanya.

Jenis hiu yang ditemukan tersebut diduga merupakan jenis hiu tutul. Mengutip sumber terpercaya, Hiu tutul adalah salah satu mamalia laut besar tetapi sangat bersahabat dengan manusia.

Hewan yang memiliki nama Latin Rhincodon typus ini sangat mudah dikenali karena memiliki totol-totol putih dan garis di kuitnya. (R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here