Stakeholder Di Jakarta Timur Kompak Tingkatkan Layanan JKN-KIS

banner 468x60

JAKARTA TIMUR – Pedulibangsa.co.id – Dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pelayanan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur serta Anggota Forum Kemitraan dan Pemangku Kepentingan melakukan pembahasan bersama melalui kegiatan Forum Kemitraan Kota Administrasi Jakarta Timur Tahun 2020 yang dilaksanakan di ruang pertemuan Gedung Walikota Jakarta Timur, Cakung, Senin (12/4).

“Forum kemitraan ini merupakan wadah dalam usaha tercapainya hubungan kemitraan dengan pihak eksternal yaitu para stakeholder terkait dengan pembuatan kebijakan dan instansi perwakilan peserta pada tingkat daerah, pemahaman yang sama atas program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan dan terwujudnya kerjasama saling menunjang dengan pihat terkait untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi peserta JKN-KIS,” ucap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, M. Ichwansyah Gani.

Ichwansyah menambahkan bahwa para stakeholder dalam hal ini ialah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama dengan fasilitas kesehatan baik FKTP maupun FKRTL serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Timur dan juga Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia (PKFI).

Merespon kegiatan tersebut, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Alawi mengakui bahwa peran Pemerintah hingga saat ini sudah sangat besar dalam menghadirkan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dirinya melihat bahwa dengan jumlah peserta yang ditanggung oleh pemerintah merupakan salah satu bukti bahwa memang Pemerintah hadir untuk memberikan kesejahteraan kesehatan bagi rakyatnya.
”Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam kesempatan kali ini juga mengapresiasi BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS, seperti penyederhanaan prosedur layanan hemodialisis, antrean online FKTP maupun FKRTL, informasi ketersediaan tempat tidur serta pembuatan display rumah sakit untuk waiting list tindakan operasi, hal ini sangatlah memudahkan masyarakat,” tandas Alawi.

Pada forum kali ini dijabarkan juga peran BPJS Kesehatan dalam penanganan penularan Covid-19 diantaranya yaitu penyediaan data untuk bantuan sosial, verifikasi klaim Covid-19, edukasi disiplin protokol kesehatan, penyediaan data untuk vaksinasi dan PCare untuk vaksinasi. BPJS Kesehatan juga melakukan sosialisasi tentang pengendalian gratifikasi serta sistem pelaporan pelanggaran (Whistle Blowing System).(PG/cp)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *