Beranda Daerah Warga Kesal, Mengurus Dokumen Harus Antre Panjang di Pasar Pelayanan Publik Genteng...

Warga Kesal, Mengurus Dokumen Harus Antre Panjang di Pasar Pelayanan Publik Genteng Banyuwangi

Banyuwangi, PeduliBangsa.co.id – Warga merasa kesal lantaran harus menunggu lama akibat antrean panjang di Pasar Pelayanan Publik Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Sistem antrean yang manual itu mengharuskan warga datang lebih pagi, pada Kamis (9/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan seorang warga bernama Gozali asal Kecamatan Tegalsari. Ia rela datang ke Pasar Pelayanan Publik untuk mengurus dokumen karena baginya mengurus di situ bisa lebih efisien secara terpadu.

Kepada awak media, ia mengatakan agar menyampaikan keluhan masyarakat ini ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi.

“Mohon disampaikan kritik dan saran ini kepada Dispenduk Kabupaten Banyuwangi terkait antrean manual di Pasar Pelayanan Publik Genteng. Kenapa harus antre manual isi buku pendaftaran, datang harus pagi (sebelum jam 6) sedangkan pelayanan buka jam 8 lebih,” ungkapnya.

Ia menyayangkan sistem antrean di Pasar Pelayanan Publik Genteng tersebut masih manual dengan mengisi buku pendaftaran. Padahal, kata Gozali, di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi (MPP) antrean sudah pakai sistem online.

“Antrian online hanya bisa di MPP Banyuwangi. Sampai kapan pelayanan seperti ini? Mengingat cukup banyak jumlah penduduk di wilayah Genteng dan sekitarnya,” lanjutnya.

Masyarakat juga menambahkan bahwa antrean panjang ini sudah berlangsung lama. Selain itu area parkir di Pasar Pelayanan Publik Genteng belum memadai sehingga masyarakat tampak berjubel ramai di sekitar lokasi tersebut.

Seperti kita ketahui, Kabupaten Banyuwangi memiliki inovasi pelayanan publik dan disebut-sebut menjadi pelopor terbentuknya Mall Pelayanan Publik di Indonesia.

Terobosan dalam reformasi birokrasi ini digadang-gadang bisa mempercepat dan mempermudah pelayanan publik. Sehingga warga bisa mengurus dokumen apapun dalam satu tempat.

Selain Pasar Pelayanan Publik di Genteng dan Mall Pelayanan Publik yang terletak di pusat kota Banyuwangi, ada pula Pasar Pelayanan Publik di Kecamatan Rogojampi.

Terkait keluhan atau kritik dan saran dari masyarakat ini, awak media masih mengonfirmasi serta meminta tanggapan dari Kepala Dispendukcapil Banyuwangi. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here