Beranda Daerah Kader JKN Bantu Peserta JKN Terhindar Dari Denda Pelayanan

Kader JKN Bantu Peserta JKN Terhindar Dari Denda Pelayanan

JAKARTA TIMUR – pedulibangsa.co.id – Keberadaan Kader JKN sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam membantu mengingatkan peserta JKN dalam hal pembayaran iuran yang mungkin terkadang didapati beberapa peserta ada yang lupa atau terlewat pembayaran iurannya perlu dilakukan evaluasi guna mengetahui bagaimana proses dilapangan yang terjadi sehingga apabila ada kendala dapat dicarikan solusinya. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, M. Ichwansyah Gani saat membuka kegiatan Evaluasi Kader JKN Bulan September 2022 bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Rawamangun pada Kamis (22/09).

Ichwansyah mengatakan bahwa luasnya wilayah Indonesia membuat BPJS Kesehatan membutuhkan suatu metode yang bisa mendekatkan Program JKN kepada masyarakat di daerah terpencil dan pendekatan tersebut bukan seperti lintah darat yang secara umum digambarkan melakukan penagihan secara paksaan dan kekerasan. Kader JKN melakukan penagihan dengan cara mengingatkan secara halus serta ramah dan untuk pembayaran iuran itu sendiri dilakukan secara mandiri oleh peserta melalui kanal-kanal pembayaran resmi yang tersedia, maka dari itu Kader JKN dihadirkan untuk memenuhi tujuan mulia Program JKN dalam mengoptimalkan sosialisasi serta edukasi.

“Kader JKN merupakan wujud pastisipasi masyarakat yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk turut mensukseskan Program JKN yang memiliki tugas antara lain sebagai pengingat dan pengumpul iuran, pemasaran sosial, pendaftaran peserta JKN, pemberi informasi dan penerima keluhan. Kegiatan ini juga untuk memastikan terlaksananya implementasi Kader JKN sesuai dengan rancangan dan tujuan yang ingin dicapai maka dari itu perlu dilakukan evaluasi,” tambah Ichwansyah.

Berdasarkan data di tahun 2022 sampai dengan bulan Agustus, Kader JKN wilayah Jakarta Timur total telah melakukan kunjungan kepada peserta JKN sebanyak 14.148 kunjungan dengan jumlah 179 kunjungan berhasil dalam proses pembayaran iuran. Dari total 179 kunjungan tersebut didapatkan pembayaran iuran sejumlah 507.319.830 rupiah. Dengan hasil tersebut bisa dikatakan bahwa keberadaan para Kader JKN ini sangatlah membantu BPJS Kesehatan dalam melakukan pemungutan iuran dilain pihak juga membantu para peserta untuk tidak lupa membayar iuran sehingga terhindar dari ketidakaktifan kepesertaan dan juga denda pelayanan apabila peserta rawat inap.

“Saya mewakili para Kader JKN yang ada di wilayah Kota Jakarta Timur akan terus mendukung kolaborasi antara kami dan juga BPJS Kesehatan dalam kelancaran berjalannya Program JKN. Dengan adanya evaluasi ini menjadikan kami semakin bersemangat untuk meningkatkan kinerja mengingatkan para peserta JKN dalam hal pembayaran iuran secara tepat waktu. Selain evaluasi kami juga diberikan informasi terkait kebijakan ataupun informasi yang terbaru dari BPJS Kesehatan sehingga dapat menambah wawasan kami dalam menyebarluarkan informasi kepada peserta,” tegas Kader JKN Kelurahan Pondok Kelapa, Devia Erowati.

Devia menjelaskan bahwa tidak sedikit rintangan dan hambatan yang ia jalanin bersama rekan-rekan kader lainnya dilapangan salah satunya seperti penolakan dari peserta dikarenakan Kader JKN dianggap seperti lintah darat. Kejadian tersebut tidak diambil pusing oleh Devia dan kader yang lain sehingga membuat surut semangatnya namun hal tersebut malah menjadi tambahan semangat untuk tetap terus memberikan informasi kepada peserta JKN bahwa sesungguhnya Program JKN ini merupakan program yang sangatlah baik dan juga banyak manfaatnya.(MN/cp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here