Beranda Daerah Napi Lapas Banyuwangi Ikuti Upacara Hari Pahlawan

Napi Lapas Banyuwangi Ikuti Upacara Hari Pahlawan

Banyuwangi, pedulibangsa.co.id – Momen peringatan Hari Pahlawan yang diperingati tiap tanggal 10 November turut diikuti warga binaan Lapas Banyuwangi. Ratusan warga binaan atau narapidana (napi) turut ambil bagian dalam mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang digelar Kamis (10/11/2022) pagi.

Warga binaan mengikuti serangkaian kegiatan upacara bersama dengan seluruh petugas Lapas Banyuwangi dan mahasiswa IAIDA Blokagung yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lapas Banyuwangi.

Upacara yang digelar di Lapangan Tenis Lapas Banyuwangi itu dimanfaatkan oleh warga binaan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah membawa kemerdekaan bagi Indonesia, seraya memanjatkan doa yang terbaik bagi pahlawan yang telah gugur.

“Kami sengaja melibatkan warga binaan dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan kali ini untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air mereka,” kata Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Banyuwangi Andri Setiawan.

Andri yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara berkesempatan menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan ini hendaknya kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara yang merdeka,” ucap Andri.

Andri melanjutkan sangat penting bagi seluruh bangsa Indonesia untuk meresapi semangat dan keikhlasan para Pahlawan yang telah berhasil mengantarkan kemerdekaan bagi Indonesia.

“Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya,” imbuhnya.

Ancaman dan tantangan yang berada di hadapan bangsa Indonesia saat ini menjadi salah satu tugas bagi generasi muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa untuk meneladani berbagai hal yang telah dilakukan para Pahlawan.

“Tidak mudah memang tapi pasti bisa, karena para Pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” tuturnya.

Kalapas Banyuwangi mengajak semua peserta upacara menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta saling menghargai satu sama lain. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here