Beranda Daerah Tak Disangka, Bunga Langka Tumbuh Di Halaman Villa Pakis Residence Banyuwangi

Tak Disangka, Bunga Langka Tumbuh Di Halaman Villa Pakis Residence Banyuwangi

Banyuwangi, PeduliBangsa.co.id – Amorphophallus titanum, nama latin dari bunga bangkai saat ini tumbuh subur di halaman Villa Pakis Residence tepatnya Jl. Nuri, Kelurahan Pakis, Banyuwangi, Jawa Timur. Sabtu (19/11/2022)

Fenomena langka salah satu bunga ikonik dan puspa langka Indonesia ini awalnya tidak diketahui oleh pengelola villa. Hingga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia ini ditemukan hari ini.

Dikutip dari Wikipedia Sebutir biji bunga bangkai membutuhkan waktu 20–40 thn untuk berbunga. bunga bangkai bisa mencapai ketinggian 5 meter dan berdiameter 1.5 meter.

Dalam keterangannya pihak pengelola villa pakis residence baru menyadari bunga tersebut. “Kami baru temukan bunga langka ini dengan ketinggian bunga mencapai 35 cm dan diameter 30 cm setelah kami ukur,” ungkap Sumantri Rio Utomo selaku pengelola Villa Pakis Residence.

Bunga bangkai merupakan tanaman yang dilindungi sesuai dengan Undang-undang No. 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta PP No.7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

“Di habitat aslinya tanaman ini mulai terancam dan kami berusaha untuk menjaga bunga bangkai yang tumbuh subur di halaman villa kami,” pungkasnya. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here